Berikut Ini Macam - macam Buah Merah

=============
Sahabat pembaca, Begitu maha kreatifnya sang pencipta. hingga di dunia ini sangat beragam ciptaanya, bukan hanya jenis ciptaan yang berbeda-beda namun dalam satu jenis ciptaan pun memiliki keaneka ragaman macamnya. seperti halnya buah-buahan,berapa milyar jenis buah yang ada di dunia ini, belum lagi setiap jenis memiliki aneka macam nama, contoh buah apel, seperti kita ketahui apel digolongkan menjadi beberapa nama dan juga di golongkan menurut warna, ada apel hijau dan apel merah.

Dan yang menarik lagi adalah beberapa buah -buahan di dunia ini banyak yang di masukkan kedalam golongan warna merah, dan lazimnya orang mengatakan itu adalah buah merah. lantas apa maksudnya buah merah itu?

Buah merah adalah buah yang warna merahnya begitu dominan, bahkan ada yang sampai full red color. hal itu disebabkan oleh sebuah pigmen atau zat warna yang membentuknya menjadi warna merah, untuk jenis buahnya sendiri sama seperti yang lainya, ada jeruk, semangka, apel , pear dan masih banyak yang lainya.

Nah, di bawah ini ada beberapa jenis buah merah yang saya ketahui. silahkan di simak !!!

Buah Cery

Menurut beberapa sumber, buah cery adalah buah yang di hasilkan dari pohon sakura. dalam bahasa jepangnya ( sakuranbo) berarti kalo gitu sahabat sudah tahu dong pastinya...dengan mendegar kata pohon sakura kita bisa menebaknya bahwa buah ini kemungkinan besar berasal dari jepang tapi ada yang bilang juga dari surga, buah cery muda pada umumnya berwarna hijau muda setelah masak berubah warnanya menjadi merah sampai rada ke ungu-unguan.

Di jepang sana, pohon sakura yang akan dikonsumsi buahnya umumya tidak akan di nikmati bungannya, jadi khusus di tanam di perkebunan. konon kualitas buah cery yang di produksi dalam negeri jepang itu sangat tinggi jadi harganya terbilang mahal dan menurut informasinya buah cery tersebut hanya di beli untuk kegiatan istimewa misal acara- acara tertentu, atau untuk hadiah para tamu istimewa.

Untuk memenuhi konsumsi dalam negeri jepang mengimpornya dari negara bagian amerika yakni washington dan california.

Buah cery memiliki kandungan yang kaya vitamin dan beberapa di antaranya adalah vitamin - C dan Anti oksidan yang sangat tinggi sehingga buah cery di anggap ampuh menangani beberapa penyakit berat seperti salah satunya kanker, untuk mengetahui beberapa manfaat buah cery sahabat bisa membaca:





Anggur Merah

Sejarah mencatat bahwa tanaman ini berasal dari kawasan timur dan itu sekitar 4ooo tahun sebelum masehi, namun ada yang bilang juga berasal dari armenia. ciri - ciri buah anggur seperti kebanyakan kita mengetahui kulitnya lebih tepis ketimbang dagingnya namun lunak bila di gigit. warnanya pun bermacam, ada hijau merah, dan hitam sesuai jenisnya.

Admin sendiri memilih buah anggur merah untuk dibahas itu karna berkenaan dengan tema judul yaitu buah merah dan  khasiat yang terkandung pada buah anggur yang khususnya anggur merah, jadi silahkan sahabat baca:

Manfaat Buah Anggur Merah untuk Kesehatan


Apel Merah

Menurut wikipedia.org Buah apel mulai di tanam di kawasan Asia tengah, seperti buah yang lainya apel juga memiliki beberapa jenis dan warna. salah satunya yang telah saya sebutkan di sini yakni buah apel merah. pemanfaatan buah apel untuk konsumsi sekarang bermacam- macam, ada yang mencampurnya untuk sop buah, ada yang di buat keripik, di buat jus dan kebanyakan masyarakat kita memakanya secara mentah.. maksudnya tanpa di olah dahulu.

Nah, khusunya buah apel merah ini. banyak manfaat yang terkandung di dalamnya , khususnya untuk kesehatan yang berhubungan dengan pengobatan penyakit berat. lantas apa saja daftar penyakit yang bisa di obati dan dicegah dengan buah apel merah ini?

Baca : Manfaat Buah Apel merah unutk kesehatan dan Pengobatan Penyakit 



Buah Cranberry

Cran berry, sahabat pembaca sudah pernah mencicipinya? belum.oke tak apa saya sendiri belum, tapi karena buah ini masuk dalam daftar buah merah jadi saya akan sedikit mengulasnya. ya buat tambah - tambah wawasan aja.

Buah cranberry adalah jenis tanaman semak yang di kenal dengan istilah vaccinium oxycocos ( tumbuh di benua eropa utara, asia dan amerika). di inggris buah ini juga di sebut ( fenberry) dan di kanada biasa di sebut ( mossberry)  meski nama depannya berbeda akhiranya sama juga yaitu berry..hehe.

Masa panen buah ini biasanya pada waktu akhir september dan awal oktober, buah cranberry hampir 95 persen di jadikan makanan olahan seperti, juz, saus, dan manisan dan hanya beberapa persen sisanya yang di makan secara mentah tanpa di olah.

Menurut beberapa sumber, kandungan vitamin - C pada buah ini tergolong sedang. begitu pula dengan kadar serat dan mineral. di samping itu buah ini merupakan sumber anti oksidan folipenol . yakni senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi system jantung dan pembuluh darah, kekebalan tubuh dan juga kanker.

Untuk lebih jelasnya silahkan sobat baca : Manfaat dan Khasiat yang terkandung Pada Buah Merah Cranberry


Buah Delima

Nah kalo buah yang satu ini di lingkungan saya ada pohonnya satu, cuma berhubung saya lagi jauh dari lingkungan sendiri keberadaanya masih atau tidak saya kurang tahu.

Untuk tempat asal buah delima ini tumbuh, di perkirakan dari negara iran, namun banyak orang delima adalah jenis tumbuhan semak yang berasal dari kawasan asia. tapi memang katanya buah delima banyak di budi dayakan di kawasan timur tengah, arab saudi, afganistan, india, indonesia dan beberapa negara asia lainya.

Di indonesia, jenis delima yang di budidayakan ada beberapa jenis antara lain : Delima putih, Delima merah, dan delima ungu. oh iya, lain daerah lain juga penamaanya loh sob, di aceh buah ini di sebut dengan nama (Glima) kalau di madura namanya ( dhalima) di jawa (Gangsalan) kalo sejarah penamaanya sendiri saya kurang tahu, sedangkan nama delima sendiri konon malah dari daerah melayu dan sumatera. untuk media tanamnya menurut informasi bisa dengan biji, stek dan cangkok.

Selain sebagai tanaman hias, buah delima di kenal dengan tanaman obat pula. seperti buah cranberry , delima juga memiliki kandungan senyawa felipenol pastinya sangat bagus untuk kesehatan, kalo sudah begitu pastinya banyak hal menarik dari khasiat buah delima yang bisa kita ketahui. khususnya buah delima merah. maka dari itu untuk menambah wawasan silahkan sahabat pembaca baca:

Manfaat Delima Merah untuk kesehatan dan Pencegahan Penyakit





Jeruk Darah

Yah, sahabat pembaca...kenal yang namanya jeruk darah? jika kita tengok gambar dibawah sih ga beda amat ya sama jeruk yang di jual di pasar, itu loh yang buah kecil kadang ga ada bijinya. jadi tinggal kupas kulitnya langsung telen, hehe

Asal jeruk macam ni belum saya ketahui secara pastinya, bisa dikatakan barang langka pembudidayaanya pun masih di daerah - daerah tertentu. tapi menurut beberapa sumber beberapa ilmuan inggris memodifikasi gen buah tersebut agar bisa di tanam di berbagai belahan dunia, warna merah yang terdapat pada isi jeruk ini di akibatkan oleh zat atau pigmen yang dalam bahasa ilmiah biasa di sebut Antosianin .

Namun, pigmen ini hanya berkembang pada iklim- iklim tertentu. saat ini negara yang di ketahui mengembangkan buah jeruk darah untuk komersil adalah negara itali, seperti yang telah di jelaskan di atas, buah jenis ini sangat rumit dikembangkan. alhasil harga jualnya tinggi dan buah inipun di golongkan dalam jenis buah premium.

Mengapa saya bahas jeruk darah ini? bukan jenis jeruk yang lainya? yaitu tadi karena berkenaan dengan temanya yakni buah merah, intinya yang berkenaan dengan warna merah yang di hasilkan dari zat pigmen pembentuk warna merah. tentu pigmen inilah yang akan di bahas lebih lanjut karna berkaitan dengan manfaatnya untuk kesehatan dan pengobatan penyakit dalam tubuh. tapi tidak di sini yah sob, agar lebih detail saja sobat bisa baca :

Manfaat Buah Jeruk Darah bagi Kesehatan dan Pengobatan Penyakit Kronis


Pear Merah

Buah pir dalam bahasa inggris itu di sebut ( Pear) asal pohon buah ini dari dataran eropa barat yang memiliki iklim tropis, asia , dan juga afrika utara. buah pir paling lezat jika di makan dalam keadaan dingin selain rasanya yang manis juga banyak mengandung air, cocok sekali jika dimakan saat lagi haus. saat ini dinformasikan ada 30 spesies dari pohon pir dan itu tersebar di berbagai belahan dunia.

Nah untuk pear merah sendiri memiliki nama lain ( Pear Red Anjou) dari namanya sih identik dengan buahnya ya, memang ga full merah tapi rada marun. bentuknya seperti gambar dibawah, tahukah pembaca ? buah pir ini memiliki 25 lebih manfaat yang bagus untuk kesehatan, apa sajakah itu? silahkan baca:

Macam- macam Manfaat Buah pear untuk Kesehatan


Raspberry

Raspberry merah biasa di sebut juga dengan ( Rubus Idaeus ) namun pada umumnya raspberry di golongkan dengan tanaman kelompok ( Genus Rubus ), mas kok tahu hal semacam ini, sekolahnya tinggi yah? Ndiasmu sempal ! ya nggak juga ,tahunya dari aktivitas yang sedang kamu lakuin saat ini yaitu browsinggg, paham?!

Ada jenis lain yaitu Raspberry hitam dan asalnya dari bagian timur amerika utara. kalo bingung ke amerika utara baru menuju kebagian timur, nah kalo raspberry merah kebanyakan di budidayakan pada daerah Eurasia, yakni sebuah benua dari gabungan dua benua. kalo dari namanya bisa di tebak yaitu Europa dan asia yang di anggap sebagai super pulau. bentang wilayahnya mncapai 54. 760.000 km persegi, dan jumlah penduduknya per 2011 mencapai 4.600 miliar lebih.

Buah raspberry rasanya lumayan asam  itu karna kandungan Vitamin- C nya yang tinggi  tentu antioksidan yang sangat bagus, dalam bijinya terkandung senyawa Folipenol. dan kalo sudah berbicara folipenol pasti banya macam- macam penyakit yang bisa di sembuhkan dengan khasiatnya.
Apa sajakah itu? silahkan baca:

Manfaat Besar  zat yang terkandung pada buah Raspberry Merah untuk Kesehatan


Semangka

Hal paling mencolok pada kategori buah merah adalah buah semangka, untuk buah jenis lain pigmen yang membentuk warna merah rata-rata hingga ke kulitnya, sedangkan untuk semangka hanya bagian isi buahnya saja yang berwarna merah. karna memang belum banyak informasi yang menyatakan ada buah semangka yang kulitnya berwarna merah alami , jika sobat pernah mendengar tentang semangka yang kulitnya berwarna merah mungkin bisa hubungi kami untuk di share dimari.

Semangka adalah jenis buah yang masih dalam keluarga labu-labuan, jenis tanaman rambat ini berasal dari kawasan setengah gurun di afrika selatan. Kita bisa mengkonsumsi buah semangka langsung dengan memakan isi buahnya, atau dibikin jus juga bisa.

Dalam setiap 152 gram isi buah semangka mengandung 43 kalori, 2 gram natrium, 11 gram karbohidrat, 9 gram gula dan 1 gram serat. dengan begitu setiap mengkonsumsi 152 gram buah semangka atau ukuran satu gelas cangkir akan mnyuplai kebutuhan vitamin sebesar 17% vit-A, 21% vit-C, 2% zat besi dan 1% kalsium

Di balik rasanya yang manis dan segar, buah semangka  memilik banyak manfaat terutama untuk kecantikan dan kesehatan, untuk lebih lengkapnya sobat bisa baca:

Manfaat Buah semangka Untuk Kecantikan dan Kesehatan


Strawberry

Strawberry atau yang biasa kita sebut stobery adalah tanaman buah yang ikut di kelompokkan ke jenis tanaman GenusFragaria. hampir di seluruh dunia tanaman strawberry di budidayakan, sedangkan untuk pertama kali ditemukannya tanaman ini yakni di chili amerika. Buah strawbery memiliki beberapa species antara lain 

Fragaria Chiloensis L           :  Penyebarannya di berbagai negara amerika, eropa, dan asia
Fragaria Vesca L           : Jenis ini yang pertama kali masuk ke indonesia,,dan palingfamiliar                            di beberapa negara karena penyebaranya paling banyak.

Konon nama strawberry berasal dari bahasa inggris kuno yakni streawberige yang jika di bagi menjadi dua kata adalah streaw dan berige. kalo  untuk makna dari nama tersebut saya belum mengetahuinya

Kebanyakan dari kita menyukai strawberry karena aromanya yang khas dan segar, selain itu juga dari bentuk buahnya yang sangat menarik dan warna merah mudanya yang membuat buah strawberry semakin terlihat cantik .

Selain membuatnya terlihat cantik ternyata warna merah inilah yang membuat buah strawberry mengandung banyak manfaat, kenapa begitu ? karena zat pembentuk warna merah yang biasa disebut pigmen Antosianin ini memiliki kandungan aktioksidan yang sangat tinggi, ada juga beberapa kandungan lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan antara lain : Vitamin C, Assam ellagic & Potasain.

Banyak dari kita mengkonsumsi buah ini secara langsung, Tapi jika sahabat ingin mengolahnya dahulu bisa dengan cara di bikin jus buah, campuran eskrim, milk shalk, dan lain-lain. saat mengkonsumsi 160 grm buah strawberry segar berarti tubuh kita telah di asupi beberapa vitamin yang antara lain:

Energi : 50 kalori
Protein : 1 grm
Karbohidrat : 11,56 grm
Serat : 3,81 gram
Kalsium : 23,24 mg
vitamin C : 94 ,12 mg
Potasium : 44,82 mg
Folat   : 29,38 gram
Vitamin A : 44,82  Selenimu 1,16 mg Fospor: 31,54 mg dan masih ada beberapa lainya.

Nah sahabat pembaca, kandungan " vitamin yang telah di sebutkan di atas , sangat banyak manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan dan pencegahan penyakit kronis dalam tubuh. jika sahabat berminat mengetahui apa saja manfaat dan khasiat tersebut silahkan baca:

Manfaat dan khasiat buah strawberry Bagi kesehatan Tubuh




Mungkin masih banyak lagi jenis buah yang di golongkan kategory buah merah. Cuma baru ini yang saya ketahui.
=============

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Berikut Ini Macam - macam Buah Merah"

Post a Comment

Quote"

Berikan komentar dengan baik dan sopan, pengunjung yang baik akan memberikan penilaian untuk setiap artikel yang dibaca, komentar yang memakai kata-kata kotor dan SARA akan dihapus oleh admin.
Terimakasih salam sukses