Ngajakin Ibu Jalan-jalan Ke Objek Wisata Sindang Kemadu Bumijawa - Tegal

=============
Kira-kira 2 minggu belakangan ibu selalu bilang " Ibu Pengin lihat Sindang Kemadu itu kayak Apa ya...Kata orang-orang tempatnya Enak ? " namanya tempat piknik ya enak lah, apa lagi kalau banyak duit !" celetukku dalam hati. meski begitu saya tak terlalu mempedulikan perkataan ibu. hari -hari berjalan seperti biasanya, libur lebaran ini memang terasa sangat panjang. maklum jones gaes !


Tepatnya Hari minggu, pagi itu cuaca sangat cerah. sinar matahari juga sudah menyorotkan cahayanya ke teras rumahku, jujur..hangatnya mampu mengikis rasa dingin yang ada dalam jiwaku. rasa dingin yang disebabkan rakusnya manusia yang gemar merusak perasaan sesamanya, menyakiti sesamanya, menipu sesamanya. tapi sudahlah..bicara perasaan hanya membuat luka-lukaku yang kering menganga kembali. Cieee..yang keseringan luka !!!☺

Seperti biasanya, ibu selalu cepat dalam hal membuat sarapan. sebelum jam 8 pagi, sarapan pasti udah siap, yah meski lauknya seadanya. tapi aku bersyukur sekali punya ibu yang sangat peduli kondisi perut anaknya di pagi hari. maafkan aku yang belum mampu berbakti ibu...

Di sekitar pukul 09:00 aku duduk santai di ruang tamu. mencoba berfikir mau apa aktivitas hari ini, nulis di blog juga lagi ga ada ide, paket internet juga nipis. setelah selang beberapa saat ngelamun, aku inget perkataan ibu yang pengin ke Wisata Sindang Kemadu. akhirnya aku berfikir, kenapa gak jalan-jalan ke Sindang kemadu aja yak, kan ibu pengin kesana.


Makk !!!...Katanya pengin jalan-jalan ke Wisata Sindang Kemadu? ayo sekarang aja, mumpung cuaca cerah. sambil senyum & terkekeh ibu bilang, " Gimana yak, nanti buang-buang duit..lumayan kan duitnya bisa buat beli sayur atau lauk 2 hari. mmhhh...sambil menghela nafas panjang aku bilang" Yah, Gak papa lah Makk..kan ga setiap hari, lagian mumpung aku belum berangkat ke jakarta. Ibuku termasuk orang yang hemat, kalau bahasa jawanya " GEMI ".jadi selalu berfikir ribuan kali kalau buat hal-hal seperti itu.

Setelah Ngerayu" dan negosiasi yang cukup alot akhirnya Ibu setuju. ibu bilang " Ya sudah ayo..tapi ibu mandi dulu ". sembari nunggu ibu mandi, aku ngeluarin motor buat di panasin mesinnya barang sebentar. setelah beberapa menit ternyat ibu sudah siap dengan dandananya yang sederhana.

Pagi itu akhirnya Kami berangkat ke wisata Sindang Kemadu. Tapi sebelum berangkat aku sempatin dulu buat nyalain GPS, karena memang meski lokasinya masih satu kecamatan, tapi aku kurang hafal dengan jalan lokasi daerah sendiri. hidupku banyak di habiskan di jakarta, alias orang katro di jakarta, juga katro di kampung.

Sedikit perlu di ketahui bahwa, Wisata Sindang kemadu adalah Wahana Baru Objek Wisata alam yang terletak di desa Muncang larang - kecamatan Bumijawa - kabupaten tegal. Wisata ini menyuguhkan pemandangan Danau, Keasrian Alam dan beberap Wahana permainan. lokasinya hanya sekitar 100 meter dari jalan raya Jejeg-bumijawa, kalo dari arah jejeg sebelah kanan, sedangkan kalau dari arah bumijawa berarti sebelah kiri. lihat peta di bawah


Aku sendiri berasal dari Desa Cawitali, tepatnya Duku Lemah abang. masih kecamatan bumijawa juga. jadi sebenarnya kalau mau ke kecamatan pasti lewat Desa Muncang larang dimana Objek Wisata Sindang kemadu itu berada. Untuk kesana kami harus menempuh jalan yang berkelok tajam, nanjak dan ada yang nungging pula. Hidupku aku jarang di kampung, maklum perantau ulung, jadi aku gak terlalu faham batas area suatu desa. alhasil jadi buta lokasi, cuman tau nama doank.

Karena itulah perjalanan yang harusnya bisa di tempuh setengah jam, molor hampir satu jam. sial banget kan. apa lagi kalau bukan nyasar !!! ketika di perjalanan tiap kali aku coba nanya Ibu " Mak emang bener ini masih jauh, kok di maps udah deket? " selalu di jawab " iya masih kesana lagi, soalnya kalau ibu mau ke bumijawa ngeliat Plangnya".

" ini kan udah deket kecamatan, muncang larang udah kelewat. kok belum ada plangnya yah." celetukku dalam hati. akhirnya aku putuskan untuk menepi berhenti sejenak untuk mengecek Maps. dan tenggorokanku mendadak sakit nahan emosi ! nyasar jauh gan...bener-bener sial banget ini sinyal, udah pake hp teknologi 10G masih ngawur aja.

Akhirnya aku bilang Ibu " Mak, kita nyasar kayaknya..puter balik !" mulai dari sini aku bawa motor ngebut, sesekali ngelihat maps lokasi Wisata Sindang Kemadu, jangan ditiru ! bahaya. pas sudah deket sekali titik lokasi di Maps, saya tengak-tengok nyari wangsit....NAH !!! itu plangnya mak...wah, ini pengelola gimana sik, masa ngasih plank terlalu masuk ke jalan dalam, kan dari jalan utama kurang nampak gitu ! alias rada sembunyi.

Karena tadi abis nyasar dan muter balik, jadi aku langsung belok kiri menuju Objek wisata Sindang kemadu, yang mana kalau gak nyasar harusnya belok kanan. Tapi yowes, 2 menit kemudian sampailah Aku dan Momski ke lokasi Wisata sindang kemadu.


Foto Di atas adalah lokasi parkir buat motor, aku datang dari arah yang ada petugas lagi nengok. kalau untuk parkir mobil ada di seberang danau, sebelah kanan dari posisi aku mengambil foto diatas. bayar parkir plus tiket 2 orang 10 ribu, berarti tiketnya 4000 parkirnya 2000. untuk yang hobi makan baso, di atas parkiran itu banyak sekali yang jual, gak banyak banget sih..adalah 3 - 4 warung yang jual baso.


Deket pohon sebelah kanan yang di Foto, ada pos buat beli tiket sepeda air yang kepalanya kaya bebek. untuk kamu yang bawa pasangan tidak sah, naik sepeda air ini berasa syahdu. kalo yang udah sah biasa aja, bosen ! :) harganya kalo gak salah 15000/orang selama 15 menit, itu karena lagi rame kali yah, tauk deh...


Pada foto di atas terlihat muda-mudi, ana-anak, tuwar-tuwir, halal-haram pada naik sepeda air berkepala bebek. di seberang danau ada Caaffe kecil namanya Caffe sindang kemadu. di sebelah Caffe itulah ada Mini watter Boom... cuma buat anak-anak, yang udah tua mah malu keknya kalo mainan waterboom di situ.

Selain itu, kalian bisa FOKUS di pada gambar yang posisinya diatas Danau, itu ada kabel buat wahan Sepeda gantung. itu ada juga foto orang yang lagi mainan sepeda gantung.

Rumah-rumah yang ada pada foto di atas merupakan ruang serba guna, bisa untuk Meting, pertemuan keluarga dan disitu terdapat juga tempat karauke. untuk penginapan sepertinya belum ada.

Setelah kurang kurang lebih 2 jam muter-muter dan jalan-jalan di area Wisata Sindang Kemadu, ada beberapa kesan dan penilain dari apa yang aku rasakan, btw kesan ini menurut aku pribadi yah, tentunya beda orang beda pandangan. berikut ini beberapa kesan yang saya rasakan:

Suasana Alam Yang Begitu Sejuk dan Asri

Sebenarnya tidak terlalu kaget dengan hawanya yang sejuk, karena cuacanya memang gak jauh beda dengan desaku. mungkin karena efek pemandanganya yang indah banyak pepohonan, jadi rasanya berbeda. danau yang cukup bersih dan di kelilingi bukit yang berwarna hijau oleh banyak pohon terlihat begitu Asri. udara yang di hirup terasa sekali melegakan paru-paru, cocok buat detok paru-paru nih.

Wahananya Kurang Lengkap, Tapi Cukup Buat Hiburan

Dari yang aku lihat, hanya ada 3 wahana yang bisa dijadikan hiburan oleh pengunjung. dan ke 3 wahana tersebut semuanya wahana permainan. diantaranya yang udah aku sebutkan di atas yakni Sepeda Air berkepala bebek, Sepeda gantung dan Mini waterboom.

cukup sih kalau hanya sekedar memberi hiburan pada anak-anak, karena bagi orang dewasa lebih senang jika ada lokasi yang Suasana dan tempatnya asik buat rilek atau sekedar ngopi agar dapat inspirasi

Parkir , Toilet dan Tempat Makan

Sudah barang tentu sebuah objek wisata harus memiliki fasilitas umum yang memadai jika ingin di sukai pengunjung. Contohnya area parkir, mushola, toilet dan tempat makan. menyandang destinasi wisata yang masih baru, Sindang Kemadu atau SIKADU sudah cukup bagus dalam menyediakan fasilitas umum tersebut. 2 area parkir yang luas dan terpisah antara mobil dan motor.

Toilet juga tersedia, cukup bersih dan kapasitasnya masih cukup untuk skala pengunjung saat ini. untuk mushola, sepertinya belum ada..atau mungkin aku gak engeh yak, karena pas aku kesitu bukan pada waktu-waktu sholat. sedangkan pada food area atau stand makanan, Objek wisata Sindang Kemadu ini masih sangat sederhana. masih berupa makanan yang sifatnya jajanan.

Kesimpulan


Dari beberapa kesan yang sudah aku kemukakan di atas, tentunya dari apa yang aku rasa saat menikmati di Objek Wisata Sindang Kemadu, di dapat kesimpulan bahwa Objek wisata Sindang kemadu merupakan tempat rekreasi bertema alam yang Cukup Baik, sebagai destinasi wisata baru sindang kemadu terlihat sangat cepat dalam mengimpruvement atau mengembangkan objek wisata tersebut.

Hal itu terlihat dari areanya yang bersih, tertib dan rapi. Untuk warga khususnya wilayah tegal, menghabiskan akhir pekan untuk menikmati wisata alam di Sindang kemadu tidaklah buruk.

Kritik dan Saran


Sebagai destinasi wisata yang bertema alam, kalau bisa lebih banyak area-area atau wahana yang sifatnya langsung bersentuhan dengan alam. mungkin seperti misalnya lokasi yang khusus buat ngumpul atau nongki bareng temen. karena ketika saya muter" di situ dan ingin mencari tempat istirahat, paling ada tempat duduk milik caffe. jadi rasanya kurang untuk menikmati keasrian dan kesejukan alamnya.

Membuat lokasi untuk aktivitas Ngopi di area terbuka juga cukup menarik. lokasi seperti ini bisa di manfaatkan oleh orang kreatif untuk mencari inspirasi, atau mungkin mahasiswa dan anak sekolah yang sedang ngerjain tugas juga bisa melakukannya di tempat tersebut.

Akhir Kata

Sejatinya Objek wisata sindang kemadu untuk saat ini aku rasa sudah cukup bagus, semoga selalu mendapat Improvement dari pengelola agar semakin berkembang, agar semakin banyak menarik wisatawan lokal. dan kalau bisa wahananya juga di tambah, tidak lupa ketertiban dan kebersihannya selalu di jaga. Semangat terus Untuk Pengelola Sindang Kemadu, Semoga makin maju dan Sukses !!!

=============

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ngajakin Ibu Jalan-jalan Ke Objek Wisata Sindang Kemadu Bumijawa - Tegal"

Post a Comment

Quote"

Berikan komentar dengan baik dan sopan, pengunjung yang baik akan memberikan penilaian untuk setiap artikel yang dibaca, komentar yang memakai kata-kata kotor dan SARA akan dihapus oleh admin.
Terimakasih salam sukses