Tahukah Anda ? Makna Dari Inc. Ltd. Tbk dan Sejenisnya

=============


Sering kita mendengar istilah yang digunakan dalam nama suatu perusahaan , seperti PT bank mandiri TBK. atau CT corp./corporation atau Google inc. dan sejenisnya..
   Tetapii,, nah ada tapinya.?? Kita tidak mempedulikan dan mengetahui apasih sebenernya arti atau makna dibalik singkatan yang tertera di akhir suatu perusahaan atau badan usaha tersebut.
   Nah kali ini saya akan menjelaskan makna-makna tersebut menurut pengetahuan saya, kalau ada yang salah mohon dikoreksi dan bisa komplain via email saya.
   Oke, simak baik-baik penjelasan dibawah ini.
Mulai dari: 
1. Corp. (Corporation)
 lidah kita biasa menyebutnya korporasion,,ialah perusahaan induk bahasa kerennya holding, berbadan hukum yg memiliki banyak perusahaan dibawahnya. dan perusahaan induk ini memiliki hak & kewajiban yg berbeda-beda trhadap perusahaan -perusahaan yang dibawah naunganya atau controlnya.perbedaanya macem-macem Sob, baik bentuk usaha atau jenis bisnisnya. dan memiliki macam-macam bentuk, misal organisai profit dan non profit.
kepemilikan peruhaanya diatur dengan hukum, semacam (AD/ART). tidak bisa dipindah kepemilikanya begitu saja kepihak lain.hingga sahamnya tidak bisa dijual secara bebas.sedangkan contoh perusahaan yg dibawah naungan/control oleh korporasi(Corp.) itu semisal PT(Perseroan Terbatas),bisa juga CV( Commanditaere Vennotschap) dibaca persekutuan komanditer.

2.  Inc.(Incorporation)
              Adalah bentuk perusahaan baru dari Corporation.nah yang ini maknanya beda-beda tipis Sob, jadi bedanya gini.kalau Corporation kan sahamnya tidak bisa dijual secara bebas,,sedangkan Incorporation sahamnya bisa dijual bebas karna kepemilikanya bersifat transferable atau bisa dipindahtangankan kepihak lain tanpa serumit Corporation.

3. Ltd.(Limited Company)
               merupakan perusahaan corporation, yang dibawah naungan perusahaan holding atau induk, hanya saja, Ltd ini memiliki perjanjian (hak) terbatas dari perusahaan induknya. dan perjanjian itu banyak macemnya juga Sob, misalnya gak boleh buka unit bisnis barunya atau yang lainya.maka dari itu perusahaan tersebut namanya disingkat seperti Perusahaan Ltd, atau perusahaan co,Ltd.

Terus ini terakhir yang saya mau jelaskan sob,,hehe.ya taunya beru segini,,

4. TBK(Terbuka)
              Kalo yang ini penjelasanya sama dengan Incorporation, Tbk itu perusahaan yang go publik. new corporation, jadi sahamnya bisa di perjual belikan secara bebas melalui proses yang disebut IPO(initial Public Offering) yang jika kita baca di surat kabar atau koran disebut Rubrik ekonomi ..nah disitu biasanya ada IPOnya.

Yah itulah sedikit penjelesan dan ulasan tentang makna dari Singkatan yang tertera di akhir nama perusahaan,,untuk isitilah" yang mungkin belum jelas bisa ditulis nanti di artikel selanjutnya dan bisa ditanyakan dikolom komentar.dan mohon maaf bila ada kekuranganya.
               
                
=============

Subscribe to receive free email updates:

9 Responses to "Tahukah Anda ? Makna Dari Inc. Ltd. Tbk dan Sejenisnya"

  1. Trimakasih infonya sangat bermanfaat kakak

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. iya lumayan, dari pada sama sekali ga tau..hehe

      Delete
  3. Bagus gay, thanks telah membantu menambah wawasan saya!

    ReplyDelete
  4. mas mau tanya klo Corporindo itu artinya apa pk?
    karna saya mau buat Cv.soldin corporindo jaya, untuk jualan sama layanan jasa,

    ReplyDelete

Quote"

Berikan komentar dengan baik dan sopan, pengunjung yang baik akan memberikan penilaian untuk setiap artikel yang dibaca, komentar yang memakai kata-kata kotor dan SARA akan dihapus oleh admin.
Terimakasih salam sukses