Ketika Bangun Subuh Kesiangan Atau Sholat Subuh Lewat Dari Waktunya

=============
     Pernahkah anda mengalami bangun kesiangan, pasti sering. Sebagai umat muslim haruslah kita belajar untuk mengatur waktu kita, baik untuk ibadah bekerja dan istirahat. semuanya harus diatur dengan baik karena antara waktu ibadah-bekerja-istirahat semuanya berkesinambungan, jadi hal tersebut harus benar-benar dijaga dengan baik kerutinanya.

         Adakalanya memang , kita yang tentunya sebagai manusia biasa punya kesibukan dan keadaan yang tidak menentu. terkadang kita harus mengerjakan pekerjaan yang sampai mememakan waktu istirahat kita, sehingga tanpa tersengaja bahkan kadang disengaja waktu ibadah kitalah yang menjadi korban. misal, kita harus kerja lembur sampai larut malam. waktu istirahatpun tersita, rasa lelah yang menghinggap, membuat tubuh kita memerlukan waktu istirahat yang cukup dan berakhir dengan bangun siang.

            Nah, sebagai muslim kita kadang merasa jengkel dan menyesal tidak bangun saat waktu subuh, tapi tenang dulu... begitu ingat bangkitlah dan laksanankan sholat subuh, berikut ini referensinya yang saya kutip dari ISLAMPOS.COM

shalat subuh wajib bukan? brarti wajib dilaksanakan, dan wajib menjaga waktunya. Tapi bagaimana jadinya saat kita bangun kesiangan...kabar baik bagi kita muslim tentunya, ternyata masih boleh dilaksanakan asal itu memang murni bangun kesiangan alias tidak memgundur-undur waktu.

Ada yang bingung dengan persepsi tentang haramnya sholat ketika matahari terbit,maka dari itu banyak muslim yang terpaksa meninggalkan sholat subuh akibat bangun kesiangan. karna disangka itu haram untuk dilakukan, disinilah letak wajibnya betapa seorang muslim harus mencari ilmu.shalat subuh wajib di kerjakan jam berapa saja kita bangun tapi jangan sengaja bangun siang yah.faktanya matahari naik tidak menghilangkan kewajiban untuk sholat.

Haramnya mengerjakan sholat saat matahari terbit, ( bukan sinarnya, tapi wujud matahri tersebut) itu untuk menghilangkan prasangka waktu zaman dulu bahwa umat islam penyembah matahari. karena konon jaman dulu ada umat penyembah matahari dan mereka melalukan ibadah saat matahari mulai terlihat wujudnya.tapi ulama telah sepakat jika ada shalat wajib yang belum di kerjakan, maka harus langsung dikerjakan saat itu juga tanpa menunggu ( diganti atau di qada).walaupun secara umum waktu itu dilarang untuk sholat.

untuk lebih jelasnya, silahkan klik link ini
=============

Subscribe to receive free email updates: